4 Obat Radang Tenggorokan yang Aman untuk Anak

Cara mengobati radang tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan kondisi di mana bagian belakang mulut (faring) mengalami peradangan. Kondisi ini dapat terjadi pada semua umur, tetapi lebih sering dialami anak berusia 5—15 tahun. Pemberian obat faringitis pada anak tidak bisa sembarangan. Oleh sebab itu, berikut beberapa obat radang tenggorokan yang aman untuk anak.

Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara paling aman dan mudah bagi anak. Beberapa studi menyatakan bahwa berkumur dengan menggunakan garam beberapa kali sehari dapat mengurangi pembengkakan pada tenggorokan dan mencairkan lendir. Cara ini juga dapat membantu membersihkan bakteri dan  penyebab iritasi, sehingga meringankan rasa sakit saat menelan.

Selain itu, air garam juga dipercaya mampu meredakan rasa sakit dan rasa panas pada tenggorokan. Cara menggunakannya, larutkan 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur, lalu keluarkan. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk menetralisir rasa asin. Lakukanlah cara ini beberapa kali sehari untuk hasil optimal.

Lemon

Lemon mengandung senyawa astringent, yang merupakan zat yang mampu membuat jaringan berkontraksi dan mengkerut. Kemampuan astringent dapat membantu meredakan pembengkakan atau peradangan pada tenggorokan. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada lemon juga dapat membantu menurunkan demam yang mungkin muncul akibat faringitis.

Selain itu, rasa asam pada lemon dapat membantu merangsang produksi air liur yang dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir. Cara penggunaannya, cukup campurkan 1 sdt air perasan lemon dengan segelas air hangat, lalu minum. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu atau garam untuk hasil yang lebih optimal.

Kayu manis dan Madu

Obat radang tenggorokan lainnya yang aman untuk anak adalah campuran kayu manis dan madu. Kayu manis memiliki kandungan antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Sedangkan, madu memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka, yang berarti dapat membantu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan.

Cara pembuatannya, larutkan 1 sdt bubuk kayu manis dalam air panas—jika tidak ada kayu manis bubuk, Anda bisa menggunakan air rebusan kayu manis—kemudian tambahkan 2 sdt madu dan aduk hingga merata. Minumlah selagi hangat, karena uap minuman tersebut dapat membantu melegakan tenggorokan. Lakukan secara rutin 2—3 kali sehari selama satu minggu.

Cuka Apel

Sama halnya dengan lemon, cuka juga memiliki sifat asam yang dapat merangsang produksi air liur sehingga tenggorokan tetap lembap dan rasa sakit pun akan mereda. Campurkan 2 sdm cuka apel ke dalam segelas air, lalu gunakan untuk berkumur. Selain merangsang air liur, cara ini dapat menyebabkan area mulut menjadi asam, sehingga bakteri menjadi sulit tumbuh.

Demikianlah beberapa bahan yang aman untuk digunakan sebagai obat radang tenggorokan pada anak. Pastikan juga anak mendapat asupan cairan dan istirahat yang cukup, guna mempercepat proses penyembuhan. Jika sakit berlangsung lebih dari seminggu, segeralah konsultasikan ke dokter.

Written by